Fitting for Mr. Rifky AFI


Akademi Fantasi Indosiar (disingkat AFI) adalah suatu ajang pencarian bakat yang diadaptasi dari acara berjudul La Academia diMeksiko. AFI merupakan ajang pencarian bakat kedua di Indonesia setelah Popstars. Semua finalis yang berhasil masuk di AFI akan dipanggil sebagai "akademia" dan menjalani karantina selama 3 bulan. Para akademia tersebut bersaing untuk menjadi juara dan berkesempatan untuk memenangkan sebuah mobil beserta uang tunai.
AFI merupakan versi kedua dari La Academia di Asia setelah Akademi Fantasia di Malaysia. Setelah Indonesia, Thailand juga membuat acara serupa dengan nama Academy Fantasia dan Filipina dengan nama Pinoy Dream Academy (dulunya merupakan Philippine Idol). AFI merupakan program pertama di Indonesia yang saat ini rating Grand Finalnya belum bisa dikalahkan oleh program manapun sekaligus menjadi pelopor ajang pencarian bakat di Indonesia. Masing-masing dari Konser AFI berjalan selama 9 minggu ditambah 1 minggu untuk Konser E-Club, konser dimana para akademia yang telah tereliminasi diadu kembali untuk meraih predikat Juara Favorit. Voting dilakukan dengan cara SMS ke 3977 dan Premium Call ke 0809-1-800-900. Para akademia AFI dikumpulkan dalam sebuah asrama di Rafless Hills Cibubur. Disana, mereka dilatih oleh para pengajar profesional yang meliputi bidang koreografi, psikologi, olah vokal, nada, akting, dan bahasa Inggris. AFI dipimpin oleh Kepala Sekolah, yaitu Tamam Husein Pada tahun 2007, AFI dihentikan untuk sementara.
Pada tahun 2010, Indosiar secara resmi mengumumkan bahwa AFI akan digelar lagi dengan format yang baru. Namun, sampai saat ini Indosiar belum mewujudkannya sehingga para penggemar setia AFI kecewa pada Indosiar. Dengan demikian, AFI memang telah berakhir secara resmi di musim kelimanya pada tahun 2006.Sejak Tahun 2008 banyak yang mengharapkan AFI diadakan kembali (dikutip dari wikipedia)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Support for Mr. Rayhan S. Febrian